Minggu, 24 April 2011

Untuk Sukses di Bisnis MLM, Mengalir Saja Seperti Air


Artikel ini saya khususkan untuk pemula di MLM, dan juga untuk mereka yang sudah lama menjalankan bisnis MLM tetapi belum menunjukkan hasil yang berarti.
Rahasia untuk sukses di bisnis MLM adalah bahwa Anda harus memiliki sebuah team jaringan yang besar yang setiap hari melakukan hal-hal yang sederhana secara konsisten untuk satu jangka waktu yang relatif lama.
Jadi ada 3 kunci di dalam rahasia sukses di atas, yaitu:
  1. Memiliki team jaringan yang besar, yang diperoleh dari daftar prospek yang harus jauh lebih besar.
  2. Melakukan hal-hal yang sederhana tetapi dilakukan secara konsisten, baik dalam hal waktu (setiap hari), dan juga dalam hal prosesnya.
  3. Bertahan untuk satu jangka waktu yang relatif lama, bahkan sampai membuahkan hasil. Jelas disini bahwa bisnis MLM bukanlah bisnis untuk cepat kaya. Secara normal, untuk menghasilkan cashflow yang cukup memadai, membutuhkan waktu sekitar 24 – 48 bulan.
Secara teori, ke-3 hal di atas bisa diterima akal dan rasanya mudah untuk membuat seseorang menyatakan komit melakukannya. Tetapi, dalam prakteknya tidak banyak orang yang memiliki kesabaran dan ketahanan untuk melakukannya.
Contoh yang sederhana, sewaktu Anda memprospek seseorang, apa yang ada dalam pikiran Anda, atau di perasaan Anda? Misalnya sewaktu Anda mengundang atau mengajak seseorang untuk ikut di bisnis MLM bersama Anda, apakah di dalam pikiran Anda ada yang suara yang berkata “jangan-jangan dia tidak mau ya,” atau ada perasaan tidak enak di perut Anda? Lalu, ketika ajakan Anda ditolak, Anda semakin yakin bahwa Anda tidak akan berhasil mengajak orang lain, dan suara ragu-ragu yang negatif  itu menjadi lebih keras bersuara saat Anda mengajak orang berikutnya.
Atau sebaliknya, Anda sangat bersemangat dan dipikiran Anda terbayang-bayang bahwa prospek Anda pasti akan bergabung, lalu jaringan Anda akan membesar dan ujung-ujungnya, saldo tabungan Anda di Bank akan terus meningkat. Tetapi, karena orang yang Anda ajak akan merasakan ketamakan Anda dan berpikir bahwa Anda hanya akan memanfaatkan prospek, lalu si prospek menolak ajakan Anda, dan Anda menunjukkan kekecewaaan Anda kepada prospek Anda. Dengan cara ini, maka 100x Anda memprospek dapat diperkirakan bahwa Anda akan juga 100x gagal.
John Catman, seorang penulis dan Coach MLM mencoba menggabungkan pengalamannya di bisnis ini dengan filosofinya Bruce Lee yaitu “flow like water.”  Tulisannya bisa dibaca di http://askjohnchatman.com/flow-like-water/. Dengan filosofi ini, sebelum dan sesudah memprospek, Anda harus mensugesti diri Anda dengan pernyataan berikut:
Tidak peduli apakah orang ini akan bergabung di bisnis saya. Kesuksesan saya tidak tergantung pada mereka dan karena saya memahami hal ini, maka saya tidak melekat pada hasil percakapan ini. Aku akan mengalir seperti air yang tahu bahwa aku membawa kelimpahan dan kesejahteraan bersama saya.
Dengan memahami rahasia dan keyakinan untuk sukses, yang didasarkan pada filosofi “mengalir seperti air,” yaitu bahwa kesuksesan kita tidak didasarkan pada penerimaan atau penolakan seseorang (prospek), tetapi sesungguhnya hanya pada tindakan kita yang konsisten setiap hari untuk jangka waktu yang batasnya adalah kesuksesan itu sendiri, maka kita akan memiliki motto: SW SW SW SW Next. Some will, Some won’t, Some’re waiting out there, So what…Next. Hukum alamnya begini, pasti ada yang menerima, ada juga yang menolak, dan masih banyak orang di luar sana yang belum kita prospek, jadi teruskan saja mem-prospek yang berikutnya.
Dengan filosofi ini, Anda akan secara percaya diri berbicara kepada prospek Anda, apakah lewat telepon, SMS, email maupun saat tatap muka, dan pastikan Anda melakukannya dengan senyuman bahagia untuk diri sendiri, karna telah menawarkan kepada si prospek, sebuah kesempatan yang akan membawa mereka kepada sebuah pengalaman hidup yang jauh lebih baik, yang oleh orang lain hanya dalam angan-angan, atau bahkan tidak pernah terbayangkan.
Salam sukses selalu.

2 komentar:

Salam sukses buatkita semua..
Mungkin ada yg mw sukses di bisnis ku 4jovem bisnis yg bermodal kan kecil dan bergaransikan antia gagal ayo
Call me 081216192440
Heryanto jovem

Salam sukses buatkita semua..
Mungkin ada yg mw sukses di bisnis ku 4jovem bisnis yg bermodal kan kecil dan bergaransikan antia gagal ayo
Call me 081216192440
Heryanto jovem

Posting Komentar