Rabu, 27 April 2011

Atasi Dehidrasi dengan Teh / Air Putih Sama Baiknya



(Foto: gettyimages)
(Foto: gettyimages)
SELAMA ini, masyarakat dibuat resah dengan isu bahwa teh dapat menyebabkan dehidrasi. Pasalnya, teh mengandung kafein yang memang bersifat diuretik alias menyerap cairan.

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa dengan minum 4-6 gelas teh setiap hari, khasiat yang didapat sama baiknya dengan meminum 1 liter air putih untuk menjaga tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Penelitian juga tidak menemukan adanya efek buruk bagi kesehatan selama partisipan mengonsumsi teh.

Sebanyak 21 responden diminta untuk meminum 4 gelas teh berukuran 240 ml (sama dengan satu liter) dalam waktu 12 jam yang disajikan dalam keadaan hangat. Teh juga dicampur dengan 20 ml susu skim tanpa gula.

Penelitian diulangi lagi dengan menggunakan 6 gelas teh dan air putih berukuran sama (setara dengan 1,5 liter). Hasilnya, sampel darah responden yang mengonsumsi teh dan air putih yang diambil sebelum dan sesudah tes tidak ditemukan adanya perbedaan tingkat hidrasi. Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan di British Journal of Nutrition.
“Teh sangat baik untuk mempertahankan tingkat cairan tubuh. Pada dasarnya, teh kaya flavonoid, yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke,” ungkap Carrie Ruxton, konsultan gizi selama penelitian, seperti dilansir Daily Mail, Senin (25/4/2011).

0 komentar:

Posting Komentar