Rabu, 27 April 2011

Aktivitas Pengganti Olahraga Saat Musim Panas


Berbelanja bersama (Foto: Google)
Berbelanja bersama (Foto: Google)
SAAT musim panas tiba, aktivitas luar ruangan memang tak masuk dalam prioritas. Sebagai penggantinya, Anda bisa memanfaatkan aktivitas “indoor” untuk tetap memaksimalkan stamina. Namun jika hal tersebut menimbulkan kebosanan, berikut alternatif kegiatan yang bisa dicoba.
Ketika olahraga tak sempat terjalani, biasanya jalan kaki menjadi alternatif kegiatan yang bisa dijalani. Beberapa dari Anda mungkin bosan dengan rutinitas lama yang berpusat di ruangan dan ingin mencoba di luar ruangan. Namun, musim panas yang sedang bergulir tentu tak memungkinkan agenda tersebut dilaksanakan.

Nah, agar kegiatan olahraga tetap terpenuhi, ikuti tipnya berikut, seperti diulas HealthMeUp.

Pergi berbelanja 

Ada banyak cara untuk membakar kalori dan melatih fisik selain olahraga salah satunya berbelanja. Berjalan-jalan keliling mal walau hanya sekadar window shopping sekalipun berfungsi ampuh untuk membakar kalori. Pastikan Anda mengenakan baju yang tepat sehingga agenda “shopping” pun bisa berfungsi ganda.

Perbanyak cairan 

Agar tidak kekurangan cairan, konsumsilah minuman yang memiliki energi alami, serta perbanyak pula minum air putih. Terkadang, meskipun Anda tidak berkeringat seperti biasanya, serangan sakit kepala atau mual pun kerap menghampiri. Gejala tersebut merupakan salah satu tanda dehidrasi. Untuk mengatasinya, segeralah mengasup cairan untuk memulihkan stamina Anda seperti semula.

Bangun tidur lebih awal 

Buatlah upaya untuk bangun 20 menit lebih awal dari biasanya atau bergegas tidur lebih awal dari biasanya di malam hari. Selanjutnya, cobalah berada di luar untuk melakukan aktivitas sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam. Aktivitas fisik tersebut akan membuat Anda merasa lebih baik.

Lakukan dengan perlahan 

Jika terpaksa melakukan olahraga di luar ruangan, sebaiknya perlambat kecepatan atau kurangi jumlah kilometer ketika Anda melakukan “jogging”. Hawa panas yang sedang bergulir di luar tentu membuat Anda tak bisa melakukan aktivitas maksimal seperti biasanya. Jadi sesuaikan hawa tubuh Anda dan lakukan olahraga secara perlahan.

Gunakan es di handuk 

Jika jarak tempat melakukan olahraga yang Anda lakukan cukup jauh, tak ada salahnya membungkus es dengan kain atau handuk dan kalungkan di sekitar leher. Jika tidak ingin terlalu dingin, basuhlah wajah Anda dengan air sesering mungkin untuk memertahankan kesegaran tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar