Minggu, 24 April 2011

Ingin menghasilkan uang sebagai Trader Saham?



 Tahukah Anda bahwa pada saat ini ada banyak orang yang kerjanya hanya duduk di rumah dan menghasilkan banyak uang, tanpa memiliki perusahaan, tanpa pegawai, apalagi bos ataupun klien?
Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa menghasilkan uang hanya dengan duduk di rumah atau bahkan di cafe sambil minum kopi. Salah satunya adalah menjadi trader saham. Untuk ini kita patut bersyukur bahwa pada saat ini ada banyak tersedia sistem trading saham yang bisa dilakukan secara online. Bahkan ada yang memberi komisi bulanan kepada anggota yang bisa mereferensikan anggota lain untuk bergabung di sistem trading online tersebut, sampai dua level. Saya sendiri memilih sistem yang menerapkan refferal system ini, dimana kita juga bisa chatting dengan analyst saham mengenai apa saja yang kita perlukan. Yang Anda perlukan hanya menjadi anggota di perusahaan penyedia sistem trading online ini dan tentunya harus memiliki sebuah sambungan internet.
Pernahkah Anda menginginkan untuk bisa hidup seperti mereka, para trader saham itu? Apabila Anda saat ini sedang menganggur, atau sedang memikirkan untuk menikmati pensiun dini dan berhenti bekerja karena capek dengan hidup bekerja dengan 10 P (pergi pagi pulang petangpinggang pegal-pegal penghasilan pas-pasan), maka profesi sebagai trader saham ini patut Anda lirik, dan mulailah menekuninya. Saya siap membantu Anda yang ingin bergabung di sistem trading online dengan sistem MGM (member get member), yang akan memberikan income di luar gain yang kita dapatkan dari transaksi pribadi.
Secara sederhana, seorang trader akan mempelajari analisa fundamental dan analisa teknis. Hal-hal yang fundamental sifatnya, tidak akan berubah secara cepat. Lain halnya dengan hal-hal yang disebut teknikal, yang akan selalu berubah dengan cepat. Sebagai seorang trader (pemain jangka pendek) yang mungkin hanya bermain dalam hitungan menit atau jam., maka analisa teknis lebih Anda perlukan. Bukan berarti analisa fundamental tidak perlu, tetapi karena tidak mudah, sebaiknya kita ”nebeng” hasil analisa dari para analyst profesional dengan cara mengamati transaksi dari para Manajer Investasi, yang tentunya memiliki analyst saham yang handal.
Pasar saham akan memberikan Anda informasi mengenai saham-saham panas setiap hari. Beberapa dari saham-saham itu sangat riskan sementara yang lain tidak sebagus seperti yang terlihat. Bila Anda tahu cara untuk mengidentifikasi peluang dan momentum dari saham terbaik, Anda dapat menghasilkan sejumlah besar uang secara konsisten dalam waktu yang relatif singkat.
Sebagai trader, ada beberapa hal yang perlu Anda fahami, yaitu:
  1. Anda perlu memahami karakter trading Anda, apakah Anda lebih cocok untuk bermain 1 -2 hari (Day Trader atau sering juga disebut Momentum/Opportunity Trader), atau untuk bermain antara 2 – 5 hari (Swing Trader), atau sebagai Position Trader yang memiliki kesibukan lain sehingga hanya punya waktu untuk mengevaluasi posisinya sekitar 2 minggu? Untuk Swing dan Position Trander tidak mengharuskan Anda mengikuti saham itu setiap hari.
  2. Anda perlu mengetahui seperti apa pola gerakan saham 1-2 hari atau beberapa minggu belakangan ini. Untuk mempelajari pola ini, Anda bisa melakukannya dengan bantuan stock analysis software package, atau dengan bergabung dengan perusahaan yang menyediakan trading online system, dimana tersedia fasilitas untuk mempelajari pola tersebut.
Dengan pola ini, Anda akan melakukan prediksi, apakah sebuah saham sudah saatnya untuk dibeli, ditahan (hold), atau dijual. Anda juga perlu merencanakan / menentukan berapa lama Anda menahan sebuah saham, baik untuk mendapatkan keuntungan (gain) maupun melepas saham, dan menanggung sedikit kerugian (stop-loss). Tentu saja Anda wajib juga memperhatikan hal-hal ganjil, yaitu segala sesuatu yang terjadi menyimpang dari pola itu. Perhatikan juga saham mana yang sesungguhnya secara fundamental cukup baik, tetapi sempat terjadi penjualan yang berlebihan (oversold), untuk Anda koleksi.
Anda dapat juga memperhatikan saham-saham apa saja yang dibeli para Manajer Investasi asing, dan berapa lama mereka mempertahankan (hold) saham tersebut.
Anda bisa juga memperhatikan gerakan saham yang sedang turun, apakah mampu menembus batas bawah (support line), untuk Anda menunggu sampai saham yang Anda incer itu menemui support line baru. Atau, ketika saham sedang menuju ke batas bawah itu, terjadi berkali-kali ”penolakan” maka sebaiknya Anda bersiap-siap untuk membeli (belum langsung membeli). Khususnya apabila ada hal yang ganjil (negatif), tetapi harga saham tertentu tetap tidak mampu di bawa menembus batas bawah, maka itulah saat yang baik untuk membeli.
Beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu:
-         Saham mana yang mau dipilih, dan juga peluang yang sebaiknya dilepaskan. Lalu apa alasan melepaskan peluang itu?
-         Seberapa detil informasi atau sinyal yang perlu amati sebelum memutuskan untuk membeli saham yang telah dipilih untuk diamati.
-         Apakah Anda hanya akan membeli saham blue chip saja atau juga saham recehan (penny stock)?
-         Selalu dalam keadaan siap untuk mengambil posisi saat sebuah saham menembus batas atas atau resistence (breakout).
-         Apabila terjadi rally lebih dari 5 menit pada saham yang kita amati, apa yang harus kita lakukan? Sebaliknya apa yang harus kita lakukan apabila sebuah rally pada saham yang sedang kita amati atau kita miliki berhenti bergerak naik?
-         Apakah ada tanda-tanda kemungkinan terjadi gap-up esok hari sehingga pada akhir perdagangan sore hari sebelumnya kita sudah mengambil posisi?
Anda perlu mendifersifikasikan sumber income Anda. Kenapa Anda tidak mencoba terjun ke bisnis jual beli saham ini?
Massive Blessing from our Lord.

0 komentar:

Posting Komentar