Rabu, 27 April 2011

Sa'at Pancaroba Datang, Batuk Meradang


(Foto: gettyimages)
(Foto: gettyimages)
BATUK adalah suatu gejala yang bisa terjadi pada keadaan infeksi maupun non infeksi saluran nafas. Agar penanganannya tepat, kenali dulu penyebab dan ciri batuk dengan baik.

Berdasar penyebabnya, batuk dapat dibedakan menjadi dua, yaitu batuk bakterial dan batuk nonbakterial.

“Salah satu penyebab batuk nonbakterial adalah perubahan cuaca yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun atau sering kita kenal sebagai batuk karena masuk angin. Saat terjadi perubahan cuaca, kuman-kuman penyebab batuk bakterial juga turut menyebar,” jelas dr.Abrijanto S.B.

Meskipun biasanya rangsangan di saluran napas memicu terjadinya batuk, banyak pula jenis batuk yang timbul karena adanya kelainan dalam tubuh, khususnya batuk yang sangat sering dan durasinya lama. Batuk bisa terjadi karena infeksi saluran pernafasan.

Ada dua macam infeksi saluran pernafasan, yaitu akut dan kronik. Infeksi yang akut biasa disebut dengan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Sedangkan infeksi kronik biasanya berkaitan dengan bronkitis kronik juga Tuberkulosis (TB).

ISPA terbagi menjadi dua, yaitu ISPA bagian atas dan bawah. ISPA bagian atas banyak disebut sebagai radang tenggorokan juga flu. Sebagian besar ISPA atas disebabkan virus dan tidak perlu antibiotik. Sedangkan ISPA bawah banyak disebut sebagai pneumonia.

ISPA bawah sebagian besar penyebabnya adalah bakteri, sehingga memerlukan antibiotik. Batuk disebut akut apabila berlangsung kurang dari 14 hari, sedangkan batuk kronik sebaliknya, berlangsung lebih atau sama dengan 14 hari.

0 komentar:

Posting Komentar