Rabu, 27 April 2011

Tips Hadirkan Udara Segar & Sehat di Rumah



(Foto: gettyimages)
(Foto: gettyimages)
UDARA bersih membuat organ-organ tubuh bisa bersirkulasi dengan baik sehingga tubuh menjadi segar dan sehat. Tak heran bila udara bersih menjadi kebutuhan tiap orang.

Jika Anda telah didiagnosa dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), perlu diambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa udara sekitar Anda segar, sehat, dan bebas dari iritasi yang dapat menyebabkan kondisi Anda memburuk. Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu Anda menjaga udara segar dan sehat di rumah, seperti dilansir dari Allwomenstalk.

Mengurangi bulu hewan


Bulu hewan peliharaan merupakan ancaman bagi penderita asma, juga bagi pasien PPOK yang memiliki alergi. Untuk Anda yang harus kontak dengan binatang peliharaan, cucilah tangan setelah bermain dengan mereka dan cobalah untuk tidak membiarkan binatang itu di dalam kamar tidur Anda.

Jauhi perapian kayu

Perapian kayu menjadi penghangat rumah yang memberi kesan kuno dan romantis. Namun, perapian kayu menghasilkan karbon dan jelaga yang akan masuk ke paru-paru dan menyebabkan Anda sulit bernapas jika tidak dilengkapi sistem ventilasi yang baik. Ganti dengan perapian listrik yang memberikan nuansa mirip perapian kayu, tapi tidak berbahaya.

Hindari pembersih kimia beraroma kuat
Untuk masalah kebersihan, Anda harus berhenti menggunakan produk pembersih yang memiliki bau menyengat. Bau tersebut dapat mengiritasi paru-paru Anda. Pilihlah produk pembersih tanpa aroma dan hindari produk berbau kuat, seperti parfum, penyegar udara, dan hair spray.

Kurangi keberadaan tungau debu

Tungau debu merupakan pemicu utama bagi orang yang menderita PPOK. Beralihlah ke bantal busa, bukan bulu. Cari sarung bantal dan kasur yang terbukti antitungau. Juga, cuci seprei linen Anda dalam air bersuhu di atas 54 derajat Celcius sepekan sekali untuk mengurangi tungau debu.

Periksa kompor secara berkala

Mungkin mengejutkan, tetapi kompor gas dapat membuat masalah bagi orang yang memiliki PPOK. Gas yang keluar dari kompor dapat memperburuk kondisi. Pilihlah kompor gas dengan penyala otomatis karena jumlah gas yang keluar dari alat ini lebih sedikit.

Investasi pada penyaring udara

Penyaring udara adalah suatu keharusan bagi rumah penderita PPOK. Alat ini membantu menyaring semua partikel halus di udara yang mungkin bisa masuk ke dalam paru-paru. Jadi, berinvestasilah pada sistem ventilasi yang memiliki penyaring udara dan pastikan Anda mengganti penyaring secara teratur.

Gunakan alat pengering udara (dehumidifier)

Jamur berkembang dalam lingkungan yang memiliki kandungan air tinggi. Dan kita bagaimana jamur dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pernapasan. Untuk alasan ini, jagalah kadar kelembapan rumah Anda tetap berada di bawah 40 persen dengan bantuan dehumidifier.
Jaga jendela tetap tertutup

Alergen dan partikel dari udara luar ruangan yang tercemar bisa memengaruhi kesehatan paru-paru secara signifikan. Jika Anda tinggal di kota yang rentan terhadap akumulasi debu, solusi terbaik adalah menjaga jendela tetap tertutup pada jam-jam saat polusi udara sangat tinggi. Namun jika Anda baru saja selesai membersihkan kamar, maka biarkan jendela terbuka untuk menghilangkan bau bahan pembersih.

0 komentar:

Posting Komentar