Jumat, 14 Januari 2011

Motor Teringan di Dunia




Jakarta - Sebuah motor bernama Comoto bisa jadi bakal mencatat rekor sepeda motor paling ringan di dunia. Bayangkan berat motor ini hanya sebesar 53 kg saja.

Seperti dikutip Topspeed, Rabu (13/1/2010), motor yang dirancang oleh Hirsch Design tersebut rencananya akan mulai diproduksi tahun ini. Dan apa bila itu terwujud, berarti Comoto akan langsung mengukir rekor dunia baru sebagai sepeda motor teringan di dunia.

Comoto sendiri merupakan sebuah sepeda motor listrik yang sekilas terlihat seperti sebuah sepeda downhill. Motor ini diperkuat oleh baterai lithium ion yang akan mampu membawanya berlari hingga 65 km/jam dengan jangkauan jelajah sampai 50 km.

Kemampuan Comoto tersebut secara kasat mata memang bisa dibilang sangat minimal. Namun untuk sebuah kendaraan yang diprioritaskan untuk perumahan, kemampuan tersebut dianggap sudahlah cukup.

Dan walaupun hanya dapat menjelajah wilayah yang tidak terlalu luas, unsur safety sepertinya masih menjadi pertimbangan utama produsennya. Hal itu terlihat dari bahan bodi motor yang terbuat dari sebuah plat besi berkode 6061-T6 yang meskipun ringan tapi terbukti sangat kuat. Plat tersebut adalah plat yang biasa digunakan untuk bodi pesawat terbang.

0 komentar:

Posting Komentar